• Jumat, 15 Juli 2022
  • Pemdes Lengkong
  • Umum
  • di baca : 80 kali

Tak Kurang dari 109 Sapi dan Domba Diqurbankan Saat Hari Raya Idul Adha di Desa Lengkong Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara

LENGKONG_Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022. Perayaan Idul Adha tahun ini masih dalam kondisi PandemiCovid-19 namun jumlah kasus positif Covid-19 sudah menurun berkat kepatuhan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan dan vaksinasi guna meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus corona. Pengaturan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pun sudah pada level yang lebih rendah.

Meskipun masih dalam situasi pandemi namun hal tersbeut tidak menyurutkan semangat untuk menjalankan ibadah. Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Hal ini terlihat dari banyaknya hewan qurban yang diqurbankan pada tahun ini. 

Dari data yang dihimpun oleh Bpk Mustarom selaku Kasi kesejahteraan Desa Lengkong tercatat ada total 54 sapi, 51 kambing dan 4 domba yang disembelih pada saat hari raya idul adha tahun ini. Pemotongan ataupun penyembelihan hewan qurban didesa Lengkong dilakukan di 15 titik lokasi dengan rincian sebagai berikut :

Dusun Krajan    : 17 sapi, 10 kambing dan 2 domba ( 6 lokasi )

Dusun Depok    : 7 sapi, 5 kambing dan 2 domba ( 4 lokasi )

Dusun Blimbing : 16 sapi, dan 13 kambing ( 3 lokasi )

Dusun Simpar   : 7 sapi dan 6 kambing ( 1 lokasi )

Dusun Siteki      : 7 sapi dan 17 kambing ( 1 lokasi )

Hasil dari pemotongan hewan qurban ini dibagikan kepada tidak kurang dari 2 ribu kepala keluarga yang tersebar di 5 dusun didesa Lengkong.


Dengan berqurban kita berarti sedang meneladani peristiwa Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as. Karena keikhlasan dan ketulusan nabi Ibrahim dan Nabi Ismail maka Allah SWT menggantikan dengan domba sebagai hewan qurban. Semoga kita bisa meneladani ketulusan dan keikhlasan Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as. Keutamaan berqurban adalah merupakan syi’ar Allah dan membawa kemaslahatan kaum muslim  dalam persaudaraan dan hubungan sosial sedangkan  hikmah berqurban diantaranya  sebagai salah satu bentuk  ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diiberikan, menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah, mempererat ukhuwah islamiyah,  menggembirakan fakir miskin, mempererat tali persaudaraan dan memupuk rasa kesetiakawanan sosial.