• Rabu, 06 Juli 2022
  • Pemdes Lengkong
  • Umum
  • di baca : 55 kali

Antisipasi Dampak Pengeringan Irigasi Banjar Cahyana, Pemerintah Desa Bangun Sarana Air Bersih " Sikonong "

Lengkong_Antisipasi terjadinya kekurangan air bersih dimusim kemarau, Pemerintah Desa Lengkong bekerja sama dengan Pengurus pengelola air bersih “Si konong” sedang melakukan pembangunan Penyediaan Sarana dan Prasarana Air bersih di Dusun Krajan Desa Lengkong, tepatnya di mata air kali konong dukuh Pekalongan .

Kepala Desa Lengkong, Yayah Widiantoro menyampaikan bahwa saat musim kemarau datang beberapa wilayah di Desa Lengkong mengalami kekurangan air bersih. Wilayah yang berpotensi mengalami kekurangan air bersih adalah desa Lengkong bagian selatan ( Dusun Siteki dan Dusun Blimbing RT 8 dan 9 ) sedangkan bagian utara yaitu Dusun Simpar dan Krajan. Untuk wilayah dusun Siteki sendiri potensi kekurangan air bersih saat musim kemarau sudah diantisipasi dengan dibangunnya SAB tirta kubang lestari pada tahun 2020 yang anggaran pembangunannya bersumber dari APBN.

Pembangunan sarana air bersih Sikonong merupakan salah wujud upaya pemerintah Desa untuk menangani kekurangan air di wilayah Dusun Krajan khusunya di RT 8 dan RT 9 . Anggaran pembangunan berasal dari Hibah Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara sebesar Rp 25.000.000,- , Dana Desa Rp 11.968.000.- dan swadaya masyarakat


Ketua pengelola air bersih Sikonong Dodi Kurniawan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten dan Pemerintah desa serta masyarakat sekitar yang sudah membantu pelaksanaan pembangunan program ini. Selain ucapan terima kasih Dodi Kurniawan juga menyampaikan harapannya Sikonong bahwa masyarakat Pekalongan danpada umumnya Dusun krajan bisa memanfaatkan air bersih secara bijak.

Sampai dengan berita ini ditulis pembangunan SAB masih berlangsung. Sesuai dengan surat perjanjian kerja batas waktu pembangunan adalah tanggal 22 Juli 2022. Semoga pembangunan SAB segera selesai dan bisa segera digunakan untuk wilayah sekitar.